Perumda Tirta Pakuan Raih Penghargaan PERPAMSI Awards 2021

Bogor – Raihan prestasi kembali diraih Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor yang kali ini berhasil meraih penghargaan PERPAMSI Award 2021 kategori BUMD Air Minum Sehat dengan Inovasi Teknologi Informasi.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung kepada Wali Kota Bogor, Bima Arya saat Musyawarah Antar Perusahaan Air Minum Nasional (Mapamnas) XIV PERPAMSI di The Sunan Hotel Solo, Rabu (8/12/2021).

Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan yang hadir mendampingi Bima Arya menyatakan, pihaknya bersamaan dengan acara Mapamnas XIV PERPAMSI mendapatkan penghargaan tingkat nasional dari PERPAMSI sebagai salah satu PDAM atau perusahaan air minum yang mengembangkan IT (Information Technology) untuk operasional di perusahaan.

“Memang betul selama tiga tahun ini kami mengembangkan IT di Perumda Tirta Pakuan untuk membantu operasional. Tujuannya hanya satu, memberikan pelayanan air minum lebih baik untuk pelanggan Perumda Tirta Pakuan,” kata Rino.

Rino menjelaskan, di dalam program Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor terkait pengembangan dan penerapan IT terintegrasi, ada lima program pembangunan dan pengembangan guna mempermudah monitoring pelayanan dan gangguan pada Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Pembangunan Ruang Command Center, pengembangan Geographic Information System (GIS), pengembangan Environmental Protection Agency Network (EPANET), pengembangan Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) dan pengembangan Enterprise Resource Planning (ERP) Terintegrasi.

“Kita itu telah mengembangkan Geographic Information System (GIS). Jadi semua infrastruktur atau aset-aset pipa kita telah terdokumentasi di dalam GIS. Jadi kita bakal tahu tuh berapa kilometer pipa yang ada di Kota Bogor, jalurnya kemana saja dan yang lainnya. Kita juga mengembangkan Enterprise Resource Planning (ERP) terintegrasi untuk manajemen sistem di dalamnya,” paparnya.

Tak hanya itu, Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor juga terus mengembangkan aplikasi SIMOTIP (Sistem Informasi Mobile Tirta Pakuan) yang menghubungkan dengan pelanggan, beberapa fitur di antaranya pembacaan meter mandiri, pendaftaran sambungan baru, menyampaikan keluhan dan pengecekan tagihan air. Pengembangan aplikasi ini terus dilakukan agar pelanggan mendapatkan pelayanan terbaik.

“Jadi terintegrasi semua sistem itu menjadi bagian dari sistem IT yang kita miliki di Perumda Tirta Pakuan,” katanya.( Prokompim).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *