Refeleksi Akhir Tahun 2021 DPRD Kota Bogor, Tingkatkan Peran Legislasi dan Pengawasan

Bogor – DPRD Kota Bogor menggelar acara refeleksi akhir tahun 2021 di Braja Mustika Convention, Rabu (22/12). Kegiatan yang menjadi acara rutin DPRD Kota Bogor ini, selain untuk menggambarkan kegiatan DPRD Kota Bogor selama setahun, juga dijadikan ajang sllaturahmi antar stakeholder yang dihadiri oleh Forkopimda, para camat, para lurah, LPM se-Kota Bogor dan tokoh agama serta tokoh masyarakat.

 

Acara dibuka secara seremoni dengan diketoknya palu oleh pimpinan DPRD Kota Bogor dan Wali Kota Bogor Bima Arya secara bersamaan.

 

Dalam acara refleksi akhir tahun 2021 DPRD Kota Bogor, ditayangkan film ’Sekadar’ yang menceritakan kisah anggota DPRD Kota Bogor yang harus berjuang dalam membuat sebuah kebijakan Raperda. Sebuah cerita dibalik aktivitas Dewan yang jarang diketahui oleh masyarakat.

 

Selanjutnya, dilakukan juga pemutaran video refleksi DPRD Kota Bogor yang menayangkan cuplikan kegiatan DPRD Kota Bogor. Mulai dari kegiatan legislasi, pengawasan dan penganggaran.

 

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto, menjelaskan kegiatan refleksi akhir tahun ini merupakan cermin untuk para anggota DPRD Kota Bogor, agar di tahun berikutnya bisa melakukan tugas lebih baik lagi.

“Refleksi menjadi momentum bagi kami di DPRD Kota Bogor untuk mengetahui sejauhmana kinerja yang telah dihasilkan. Tentunya, ini menjadi penyemangat kami agar bisa memberikan kinerja yang lebih baik lagi ditahun berikutnya, dengan meningkatkan peran legislasi dan pengawasan, serta mengadvokasi kepentingan rakyat,” kata Atang.

 

Dihadapan semua tamu undangan, baik yang hadir seacara langsung maupun yang menonton melalui layanan streaming. Atang mewakili lembaga DPRD Kota Bogor memohon maaf jika ada kinerja DPRD Kota Bogor di tahun ini masih belum maksimal.

 

Ia pun berharap, di sisa masa periode DPRD Kota Bogor, seluruh anggota DPRD Kota Bogor dapat terus memberikan yang terbaik bagi warga Kota Bogor.

 

“Saya mewakili DPRD Kota Bogor, memohon maaf kepada semua masyarakat Kota Bogor sekiranya, kami DPRD Kota Bogor, masih belum bisa memberikan yang terbaik. Tapi, di sisa masa jabatan periode DPRD Kota Bogor ini, kami akan berupaya memberikan yang terbaik bagi warga Kota Bogor,” ujar Atang.

 

Dalam acara refleksi, ditayangkan pula testimoni dari masyarakat Kota Bogor. Berbagai saran, kritik dan apresiasi, ditampilkan didalam tayangan yang berdurasi lima menit ini.

 

Untuk diketahui, dari fungsi legislasi, DPRD Kota Bogor sepanjang 2021 telah menyusun dan membahas 15 Raperda dan sudah mengesahkan 11 Perda. Sedangkan dari fungsi penganggaran, DPRD Kota Bogor dan Pemerintah Kota Bogor telah menyelesaikan RAPBD 2022 sesuai dengan tenggat waktu dan menganggarkan program sesuai dengan RPJMD Kota Bogor.

 

Fungsi legislasi dan penganggaran dari DPRD Kota Bogor ini, diperkuat dengan adanya fungsi pengawasan. Selama tahun 2021, Komisi I, II, III, dan IV DPRD Kota Bogor telah melaksanakan berbagai macam kegiatan pengawasan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing.

 

Kegiatan-kegiatan tersebut berupa rapat kerja bersama mitra kerja dalam hal menindaklanjuti aspirasi dari masyarakat, maupun pelaksanaan atas inisiasi dari masing-masing komisi dalam merespon kondisi terkini yang terjadi di masyarakat; serta Kunjungan lapangan ke beberapa instansi vertikal dan horizontal dari masing-masing komisi yang berada di Kota Bogor, dan kegiatan-kegiatan lain yang dilaksanakan dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan sesuai bidang tugas masing-masing.

 

Untuk Komisi I DPRD Kota Bogor yang dipimpin oleh Anita Primasari Mongan, telah dilaksanakan 77 kegiatan pada bidang tugas pemerintahan dan hukum.. Lalu Komisi II DPRD Kota Bogor yang dipimpin oleh Rusli Prihatevy, telah dilaksanakan 91 kegiatan pada bidang tugas perekonomian dan keuangan.

 

Untuk Komisi III DPRD Kota Bogor yang dipimpin oleh Zaenul Mutaqin, telah dilaksanakan 143 kegiatan pada bidang tugas pembangunan dan lingkungan. Terakhir, dari Komisi IV DPRD Kota Bogor yang dipimpin oleh Said Muhammad Mohan, telah dilaksanakan 80 kegiatan pada bidang tugas kesejahteraan rakyat.

 

Pelaksanaan acara refleksi kinerja tahun 2021 DPRD Kota Bogor mendapat apresiasi dari Wali Kota Bogor, Bima Arya. Menurutnya, konsep yang disuguhkan keren, bagus dan kreatif dalam menyampaikan apa yang sudah dibuat secara adil, lengkap dengan dinamika yang terjadi, serta upaya yang dilakukan DPRD dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk memenuhi mimpi para warga Kota Bogor.

 

“Kondisi Kota Bogor yang ‘ekstrim’ saat ini tercapai berkat kolaborasi DPRD dan Pemkot Bogor, keberpihakan teman-teman dewan dalam membela warga Kota Bogor itu luar biasa. Salah satunya penganggaran infrastruktur di kala pandemi yang patut mendapat apresiasi mengingat kondisi yang ada tidak mudah,” ungap Bima.

 

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim dalam kesempatan tersebut mengajak DPRD Kota Bogor untuk bersama-sama membangun seperti harapan yang mendekati impian warga Kota Bogor keseluruhan.

 

Di akhir acara, dalam rangka memperingati Hari Ibu, Ketua dan Wakil Ketua DPRD serta Wali Kota Bogor dan Wakil Wali Kota Bogor memberikan apresiasi khusus kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah serta para anggota perempuan DPRD Kota Bogor. (*) 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *