Campus Fair Himasukma, Gus Udin : Kita Fokus Karsa Bogor Cerdas

Bogor – Himpunan Mahasiswa Sukamakmur ( Himasukma ) kembali mengadakan kegiatan Campus Fair yang dilaksanakan di Gor Badminton Pamindangan, Desa Sukamulya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Rabu (12/1/2021).

Campus Fair tersebut bertujuan untuk mengenalkan dunia kampus, sosialisasi kuliah dan beasiswa, serta talkshow motivasi pendidikan dengan menghadirkan pembicara dari Team Percepatan Pembangunan Strategis Kabupaten Bogor Saepudin Mukhtar, Koord dep pendidikan Himasukma Edin dan motivator speaker Karvin Fadilah.

Ketua Himpunan Mahasiswa Sukamkamur Andri Irawan menjelaskan, kegiatan Campus Fair merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan dengan pengunjung mencapai 600 peserta dari berbagai wilayah seperti, Citeureup, Sukamakmur, Jonggol, Tanjung Sari dan Cariu.

“Alhamduliah pada tahun ini peminatnya cukup banyak, karena ada beberapa pelajar yang binggung cara masuk kampus, di Campus Fair ini semua dijelaskan,” kata Andri.

Sebelumnya,lanjut Andri,dari data pertahun yang melanjutkan kuliah hanya beberapa orang,setelah di adakan campus fair pertama di tahun lalu,mengalami peningkatan yang melanjutkan ke jenjang kuliah.

“Awalnya,angkatan saya hanya 3 orang yang melanjutkan kuliah,setelah kita adakan CampusFair pertama,data yang kami terima 23 orang yang melanjutkan kuliah dan harapan kami dengan adanya Campus Fair yang kedua ini adanya peningkatan yang melanjutkan kuliah,” jelasnya.

Himasukma juga mengundang beberapa kampus,baik di wilayah Bogor maupun diluar Bogor supaya dapat memaparkan apa saja yang ada dikampus mereka,sehingga dapat menarik minat para pelajar SMA maupun SMK untuk melanjutkan pendidikan ke bangku perkulihaan.

“Tentu kita kerjasama dengan para osis tingkat pelajar SMA dan SMK serta beberapa kampus untuk menjelaskan kampus tersebut, sehingga ketika nanti pelajar yang ini berkuliah sudah sedikit mendapatkan informasi mengenai calon kampusnya.” Tambah Andri.

Andri berharap di wilayah Sukamakmur didirikannya bangunan perkuliahan baik kampus negri maupun swasta agar nantinya warga di wilayah Bogor Tmur tidak perlu jauh ketika hendak berkuliah.

” Harapan kami agar disini dibangunkan kampus, agar dapat meningkatkan sumberdaya manusia di Sukamakmur dan akses yang dekat,” tegasnya lagi.

Sementara itu, Tim Percepatan Pembangunan Strategis kabupaten Bogor Saprudin Mukhtar mengatakan, jika melihat dari IPM yang ada di Sukamakmur menjadi perhatian dari pemerintah daerah.

“Saya mendapat cerita dari Himasukma bahwa minat pelajar SMA dan SMK dalam memasuki pendididikan perkuliahan masih rendah,” kata dia.

Pria yang disapa Gus Udin ini pun menyampaikan, pemerintah daerah berfokus pada Karsa Bogor Cerdas salah satunya menyediakan beasiswa Pancakarsa.

“Dengan menyampaikankaitan dengan seminar Campus Fair, kemudian seminar tentang sumber daya manusia saya kira ini dapat memotivasi generasi muda yang ada di Sukamakmur.”tambahnya

Pada Tahun 2021 kata Gus Udin ada sikitar 1,200 mahasiswa yang mendapatkan beasiswa pancakarsa dan di tahun 2022 Bupati telah mengalokasikan anggaran program beasiswa Pancakarsa sebanyak 1.600 siswa.

Selain itu, tambah Gus Udin salah satu untuk mewujudkan Karsa Bogor Cerdas Pemkab Bogor sendiri mendorong dengan pendirian kampus yang ada di wilayah Bogor Timur.

“Apakah pemerintah yang buat tentunya tidak karena memang butuh waktu yang sangat panjang, bupati sudah membantu pihak wika, universitas muhammadiayah akan membuka kelas kuliah di Bogor timur,” bebernya.

Gus udin juga membahas mengenai jumlah penduduk yang ada di Indonesia termasuk Kabupaten Bogor terkait dunia persaingan yang semakin ketat.

” Artinya teman teman mahasiswa ini bukan hanya bersaing di kecamatan sukamakmur saja, akan tetapi seluruh indonesia, maka dari itu dunia pendidikan sangatlah penting,”  ucapnya

Di tempat yang sama, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor, Ansori Setiawan mendukung dengan adanya kegiatan campus fair tersebut karena dapat mempermudah informasi mengenai perkuliahaan.

“Tentu kami mendukung dengan campus fair ini, selain membantu informasi ini juga akan meningkatkan sumberdaya manusia dibidang pendidikan di wilayah Sukamakmur,” pungkasnya. (din/suf)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *