Dapat Respon Positif Masyarakat, Ade Yasin Apresiasi Program Pemirsa Budiman

Bogor – Program pemesanan minyak goreng bersubsidi melalui Aplikasi Sapawarga mendapat respon positif masyarakat Kabupaten Bogor. Bupati Bogor, Ade Yasin mengapresiasi Program Pemesanan Minyak Goreng Curah Bersubsidi via Aplikasi Sapawarga Untuk Ibu-ibu Dimana-mana (Pemirsa Budiman) yang diinisiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat tersebut. Berdasar pada data pemesanan yang dirilis Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, Rabu (12/4), Kabupaten Bogor berada di urutan pemesan tertinggi kedua se-Jawa Barat.

Total pemesanan di Kabupaten Bogor mencapai 18.531 liter, pemesan berdasarkan Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Bogor mencapai 6.268 KK, dan pemesan berdasarkan RW mencapai 217 RW. Dua kecamatan di Kabupaten Bogor, yakni Kecamatan Gunung Putri dan Gunung Sindur masuk 10 kecamatan tertinggi, dengan jumlah pemesanan masing-masing 5.836 liter dan 2.414 liter. Di tingkat desa, Desa Wanaherang berada urutan kedua tertinggi dengan jumlah pemesanan 3.358 liter. Sementara di tingkat RW, 10 tertinggi pemesanan, pada urutan pertama, RW 7 Desa Wanaherang Kecamatan Gunung Putri mencapai 1.353 liter dan RW 3, Desa Karacak Kecamatan Leuwiliang masuk urutan kedelapan dengan pemesanan mencapai 762 liter.

Ade Yasin menyebutkan, data tersebut menggambarkan respon yang positif dari masyarakat di Kabupaten Bogor terhadap program Pemirsa Budiman (Pemesanan Minyak Goreng Curah Bersubsidi via Aplikasi Sapawarga Untuk Ibu-ibu Dimana-mana), yang digulirkan Pemprov Jabar di tengah kenaikan harga bahan pokok dan bahan bakar minyak (BBM).

“Saya sangat mengapresiasi program ini, Pemirsa Budiman merupakan program sementara yang dilakukan di masa krisis di tengah kondisi kenaikan harga bahan pokok dan BBM di bulan Ramadhan. Saya berharap masyarakat Kabupaten Bogor dapat memanfaatkan program ini semaksimal mungkin,” ucap Ade Yasin.

Ade Yasin menambahkan, program ini ditujukan bagi masyarakat menengah ke bawah. Warga dapat memesan minyak goreng bersubsidi seharga Rp. 14.000/liter dengan 1 KK maksimal 3 liter. Program ini melibatkan para Ketua Rukun Warga (RW) dan dipesan secara kolektif untuk warga di lingkungannya melalui aplikasi Sapawarga.

Sebagai informasi, program Pemirsa Budiman adalah upaya untuk memudahkan masyarakat memperoleh minyak goreng. Teknis pemesanan minyak goreng di Aplikasi Sapawarga tak bisa dilakukan oleh pribadi, melainkan dikoordinasi oleh RW (Rukun Warga) dengan prioritas wilayah yang harganya minyak gorengnya masih tinggi. Selain untuk meredam lonjakan permintaan, pihak  RW lebih mengetahui siapa saja warga yang paling membutuhkan minyak goreng.

Sementara itu, aplikasi Sapawarga yang dipegang Ketua RW, tinggal di klik saja pemesanan minyak gorengnya, masukan alamat, berapa jumlahnya, selanjutnya akan dikirim, jadi tak perlu antre. (TIM KOMUNIKASI PUBLIK / DISKOMINFO KABUPATEN BOGOR)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *