Pentingnya Aktivitas Fisik bagi Kesehatan Tubuh

Bogor – Masih banyak orang yang menganggap bahwa aktivitas fisik adalah suatu kegiatan yang melelahkan. Namun sebenarnya aktivitas fisik merupakan salah satu cara yang paling sederhana untuk menjaga tubuh tetap sehat, karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Tidak hanya olahraga berat yang dianggap sebagai aktivitas fisik, bersepeda atau bahkan berjalan kaki pun juga termasuk di dalamnya. Kegiatan yang terbilang sederhana ini nyatanya mampu mendatangkan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan.

Manfaat yang didapatkan dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin yaitu dapat menjaga tubuh tetap bugar, membantu mengontrol berat badan, meningkatkan kesehatan tulang, membantu mengendalikan stres, dan juga dapat mengurangi risiko penyakit tidak menular seperti penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi, dan penyakit-penyakit lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, direkomendasikan untuk melakukan aktivitas fisik dengan prinsip BBTT yaitu Baik, Benar, Terukur, dan Teratur. Baik yaitu melakukan aktivitas fisik sesuai dengan kemampuan atau kondisi kesehatan setiap individu. Benar yaitu melakukan aktivitas mulai dari pemanasan dan diakhiri dengan pendinginan. Disebut terukur apabila aktivitas fisik diukur intensitas dan juga waktunya, dimana intensitas yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan adalah minimal 150 menit per minggu atau 30 menit setiap harinya, dan yang terakhir adalah aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur minimal 3 – 5 kali dalam seminggu yang diselingi dengan istirahat.

Jika belum terbiasa melakukan aktivitas fisik sesuai dengan takaran yang direkomendasikan, maka mulailah dengan cara yang paling mudah dan dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Atur target setiap harinya dan naikkan target secara perlahan hingga nantinya menjadi terbiasa. Tidak ada kata terlambat untuk memulai hidup sehat, jadi yuk kita mulai dari sekarang!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *