Dosen Kebidanan Mendukung Remaja Cantik, Sehat dan Berprestasi Tanpa Anemiadi Depok

Depok – Tim dosen S1 kebidanan Universitas Gunadarma kembali melakukan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai salah satu upaya optimalisasi derajat kesehatan masyarakat terutama remaja putri, yang kali ini bekerja sama dengan Komunitas Orang Orang Depok (KOOD) sebagai mitra. 

Dalam kegiatan ini, pelayanan yang diberikan yaitu pemeriksaan hemoglobin (Hb) pada 40 remaja putri di sekitar rumah budaya Depok dilaksanakan oleh 6 dosen Program Studi Kebidanan Universitas Gunadarma pada tanggal 15 bulan desember 2022 bersama 2 orang mahasiswa semester V.

“Remaja putri memiliki potensi lebih tinggi untuk menderita anemia dibandingkan dengan remaja putra, karena remaja putri yang telah mengalami pubertas akan kehilangan sejumlah darah tiap bulannya melalui menstruasi. Jadi sangat penting bagi remaja putri untuk mengetahui kadar Hb-nya sebagai upaya mengurangi risiko anemia. Mengingat anemia akan memengaruhi kreatifitas remaja putri yang juga merupakan calon ibu di kemudian hari”  Ujar Rochmawati, M.Keb selaku ketua kegiatan.

Sebagian besar remaja putri di wilayah sekitar rumah budaya Depok tidak pernah memeriksakan kesehatan dirinya terutama kadar Haemoglobin (Hb), hal ini yang melatarbelakangi pelaksanaan kegiatan. 

Pemeriksaan kadar Haemoglobin (Hb) remaja putri dilakukan satu persatu menggunakan alat easy touch, diawali dengan anamensa riwayat menstruasi, dan status gizi. Pengukuran  berat badan dan tekanan darah menjadi pemeriksaan pendukung diawal pelayanan untuk menentukan status anemia pada remaja. Pelayanan ini dilakukan oleh anggota tim dosen yaitu Arini Kusmintarti, M.Kes, Estu Lovita Pembayun, M.Keb, Veronica Fary, M.Kes, Liana Elfaristo Ariani, M.Keb, Sisilia Prima Y. Buka, M.Keb. 

Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa seluruh peserta yang terlibat memiliki kadar Hb normal dimana hal ini menunjukan status anemia remaja diwilayah rumah budaya Depok cukup baik. H. Ahmad Dahlan, selaku ketua Kumpulan Orang-Orang Depok mengharapkan agenda rutin untuk kegiatan ini agar pemantauan status kesehatan remaja putri di wilayahnya dapat terpantau.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *