Sekda Ajak Kasi PendKes Kecamatan se-Kabupaten Bogor Perkuat Sinergi Sukseskan Program ODF untuk Tingkatkan Masyarakat Sadar Kesehatan

CISARUA – Untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui lingkungan sehat, sanitasi yang baik dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin ajak Kasi Pendidikan dan Kesehatan Kecamatan se-Kabupaten Bogor optimalkan edukasi dan sosialisasi program Open Defecation Free (ODF) melalui Rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah (PD) dalam pencapaian Open Defecation Free (ODF) di Kabupaten Bogor, yang berlangsung di New Ayuda Cisarua, Kamis (19/10/23).

Sekda Kabupaten Bogor, Burhanudin mengungkapkan, sejalan dengan Karsa Bogor Sehat, menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sangat penting untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama di Kabupaten Bogor yang berdampak pada meningkatnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang produktif secara sosial ekonomi.

Read More

Lanjut Sekda, mewujudkan Kabupaten Bogor sehat bukan sekedar kesehatan fisik, juga mencakup kawasan pemukiman sehat, sarana prasarana umum sehat, kawasan industri sehat, pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi sehat, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri serta kehidupan sosial yang sehat.

“Untuk itu perlu sinergi dan kolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat, pemerintah pusat, daerah, legislatif, kecamatan, desa, pihak swasta dan seluruh masyarakat sebagai kunci keberhasilan dalam mewujudkan Kabupaten Bogor sehat dan masyarakat sehat,” ungkap Burhanudin.

Perlu diketahui dalam mewujudkan Kabupaten Bogor sehat ada beberapa hal yang harus dicapai diantaranya Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) atau Open Defecation Free (ODF) dan mencuci tangan pakai sabun merupakan salah satu dari lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

“Kunci keberhasilan ODF adalah kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Melalui kegiatan ini saya harap koordinasi dapat berjalan efektif untuk menyatukan langkah bersama dalam mengoptimalkan kinerja perangkat daerah dan seluruh stakeholder dalam pencapaian ODF di Kabupaten Bogor demi terwujudnya Karsa Bogor Sehat,” tukasnya. (adv)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *