Pemkab Bogor Ingatkan Cegah Ancaman Penjajah Modern dengan Perangi Kebodohan dan Kemiskinan, Melalui Peringatan Hari Pahlawan

CIBINONG – Jajaran Pemerintah Kabupaten Bogor dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lakukan Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-78 tingkat Kabupaten Bogor, yang dipimpin langsung sebagai Inspektur Upacara Danlanud Atang Sanjaya yang diwakili oleh Kadislog Kolonel Tek Nur Muhyiddin, di Lapangan Tegar Beriman Jumat (10/11/23).

Melalui kesempatan ini, Kadislog, Kolonel Tek Nur Muhyiddin mengungkapkan, peringatan Hari Pahlawan ke-78 ini menjadi hari yang sakral, hari yang sangat bermakna bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Katanya, dengan dengan mengusung tema “Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”. Tema ini diangkat melalui perenungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang tidak nyata.

Read More

“Mengingat kita merupakan negara yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melipat, kandungan bumi yang menyimpan berbagai mineral. Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara,” ungkap Kolonel Tek Nur Muhyiddin saat membacakan Sambutan Kemensos RI.

Menurutnya, ancaman dan tantangan ini dapat ditaklukan dengan berbekal semangat yang sama, seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa, karena Pahlawan Bangsa telah mengajarkan nilai-nilai perjuangan yang membawa jejak kemenangan.

Dalam kesempatan ini ia mengajak untuk memberantas kebodohan dan perangi kemiskinan dengan semangat yang berasal dari nilai perjuangan Pahlawan Bangsa di tahun 1945. Semangat yang membawa kita menolak kalah dan menyerah kepada keadaan menyatukan kita dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, mewujudkan masa depan yang lebih baik. Bersama kita bangun usaha dan ekonomi, kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera,” bebernya.

Lanjutnya, pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

“Para pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan bangsa pecundang, kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi dengan tangan mengepal dan dada menggelora,” tandasnya.

Turut hadir pada upacara peringatan Hari Pahlawan ke-78 tingkat Kabupaten Bogor yakni, Kasubgar 0606, Dansubdenpom, Danyon 14 Grup, Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin. Kemudian Kapolres diwakili Kabag SDM Polres Bogor, Kompol Yudi Kusyadi, Dandim diwakili Danramil Cisarua, Mayor Inf Eka, Kajari diwakili Kasi Datun, Bpk Donne. Lalu Danyon 315 diwakili Lettu Inf Didi Rusyadi Danki B Yonif 315/Grd, BNNK diwakili Subkor Rehabilitasi, Imam Maulana, Ketua PN diwakili Wakil Ketua PN dan Kakan Kemenag diwakili Kepala KUA Cibinong, H. Herman, S.Ag. (adv)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *