Kepada Masyarakat Terdampak Bencana Gempa Bumi di Pamijahan, Bupati Bogor Iwan Setiawan Salurkan Bantuan Bahan Pokok

PAMIJAHAN – Bupati Bogor Iwan Setiawan bersama Pj. Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin, lakukan peninjauan langsung terhadap korban bencana alam gempa bumi yang terjadi di wilayah Desa Purwabakti Kecamatan Pamijahan. Sekaligus memberikan bantuan untuk para korban bencana berupa bahan pokok, berupa telur, beras dan minyak goreng, serta velbed untuk tempat tidur sementara, pada Sabtu (9/12/23).

Pada peninjauan kali ini, Bupati Bogor Iwan Setiawan didampingi Kalak BPBD Prov. Jabar, Kalak BPBD Kab. Bogor, Camat Pamijahan dan Kades Purwabakti.

Read More

Sebagai informasi jumlah korban yg terdampak berjumlah 77 KK 260 jiwa. 52 unit rumah rusak ringan, 18 unit rumah rusak sedang dan 7 unit rumah rusak berat.

Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan, selain memberikan sejumlah bantuan bahan pokok, selimut dan velbed. Pihaknya juga telah memberikan bantuan sarana prasarana seperti kamar mandi dan toilet untuk warga.

“Untuk anak-anak tadi juga kami berikan makanan bergizi dan lain sebagainya, insya Allah kita bisa fasilitasi semua warga yang terdampak bencana ini,” terang Iwan Setiawan.

Iwan menyatakan, rencana relokasi akan dilakukan mengingat mayoritas warga terdampak bencana tinggal di tanah statusnya HGU PTPN.

“Kita juga masih memikirkan apakah warga disini mau direlokasi, kalo mau nanti kita siapkan. Karena kita juga masih punya berapa hektar tanah di wilayah Cigudeg kalau mau direlokasi mereka sudah pasti nyaman tidak akan ada pengusiran maupun pengosongan,” jelas Bupati Bogor.

Menurutnya, meskipun dalam bencana alam gempa bumi kali ini tidak menimbulkan korban jiwa, pihaknya akan menetapkan status darurat bencana hal itu dilakukan untuk mengoptimalkan penanganan para korban bencana melalui Bantuan Tidak Terduga (BTT).

Selanjutnya, Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin mengungkapkan, selain dari Pemkab Bogor pihak Pemprov Jabar juga membantu fasilitasi pembangunan dapur umum, MCK dan konstruksi perbaikan atau renovasi rumah tinggal bagi warga terdampak bencana.

“Untuk relokasi nanti pihak Pemkab Bogor yang akan menyiapkan lahannya. Alhamdulilah Kabupaten Bogor sangat respon cepat dalam penanganan bencana ini, itu yang harus kita tunjukan sebagai komitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” tandasnya. (adv)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *