Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-77 Tahun, Ini Pesan Sekda

by -128 Views

Bogor – Memperingati Hari Koperasi Nasional ke-77 tahun 2024, Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Bogor bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melaksanakan Focus Group Discussion (FGD).

Mengusung tema ‘Peran Pemerintah Bersama Koperasi Sebagai Penggerak Ekonomi Daerah Menuju Indonesia Emas’ kegiatan ini dilaksanakan di BSIP Display Perkebunan, Kota Bogor, Kamis (18/7/2024).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah yang menjadi keynote speaker menyampaikan bahwa diusia koperasi yang ke 77 tahun perlu ada penguatan pemahaman dan sosialisasi untuk mewariskan koperasi kepada generasi berikutnya, termasuk bonus demografi yang akan menjemput Indonesia Emas 2045.

Tahun 2030 generasi bonus demografi ini akan mulai bermunculan untuk mempersiapkan Indonesia Emas 2045, di tahun itu (2030) penduduk yang masuk ke dalam bonus demografi di Kota Bogor akan berjumlah 25 persen.

“Sehingga penting untuk generasi ini memahami koperasi. Karena jika tidak, mereka tidak akan memahami bagaimana ekonomi tumbuh dan membangun sekaligus menggerakan perekonomian,” kata Syarifah.

Tidak hanya itu, dalam perjalanannya keberadaan koperasi juga memiliki peran penting dalam mengikis atau menurunkan gap kesenjangan sosial menuju pemerataan.

“Karena keberadaan koperasi saling bekerja sama untuk bergotong royong saling membantu,” ujar Syarifah.

Senada, Ketua Dekopinda Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat mengatakan bahwa di usia ke 77 tahun Koperasi masih terus eksis dan menggema dalam menyejahterakan anggotanya.

Sehingga lanjut Ade, keberadaan koperasi di Kota Bogor harus terus digaungkan oleh pemerintah dan berbagai pihak lainnya untuk memberikan sosialisasi dan perhatian serta pemahaman kepada generasi berikutnya tentang eksistensi koperasi.

“Di usia 77 tahun koperasi kami ingin memberikan sosialisasi, pemahaman yang utuh kepada masyarakat, sekaligus juga menaikan kelas koperasi dan melalui rangkaian kegiatan HUT Koperasi bisa mengangkat kembali koperasi di tengah kehidupan masyarakat,” kata Ade

Ia berharap melalui FGD ini akan ada peningkatan kesadaran, serta sebuah rancangan kebijakan atau provokasi dari pihak pemerintah untuk menggaungkan koperasi agar bisa terus menunjukan eksistensinya.

Sebagai informasi, Rangkaian kegiatan Hari Koperasi Nasional di Kota Bogor ini diawali dengan turnamen sepak bola antarkoperasi pada 6 Juli di Lapangan Manunggal, ziarah ke makam Alm. Suami pendesain logo koperasi nasional 10 Juli di TPU Blender, syukuran dan bakti sosial pada 10 Juli, penuangan larutan Eco Enzym pada 21 Juli di Danau Situ Gede, dan puncak peringatan akan diselenggarakan pada 27 Juli di Bundaran Yasmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *