Wakil Ketua DPRD Bogor Agus Salim Minta Pemkab Bogor Intens Gelar Pendidikan Politik dan Demokrasi Untuk Gen Z

Bogor – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Agus Salim menyebut bahwa pemilih pemula dan pemilih muda mencapai 50 persen lebih pada Pemilu 2024 mendatang.

“Ini jadi PR kita, karena jumlah gen Z dan Milenial itu 50 persen lebih,” kata Agus Salim, usai menghadiri pelatihan kegiatan pendidikan politik dan demokrasi bangsa tingkat SMA di Mega Hotel & Resort, Senin 12 Juni 2023.

Sehingga, Agus Salim meminta pemerintah daerah agar rutin melakukan pelatihan dan pendidikan serupa pada generasi muda, khususnya pemilih pemula yang akan memiliki hak pilih di Pemilu 2024.

“Pemilu 2024, akan banyak pemilih pemula. Apresiasi kami terhadap Bakesbangpol yang sudah menggelar pelatihan terkait politik dan demokrasi untuk pemilih pemula,” papar dia.

Ia berharap, pelatihan atau pendidikan politik serupa tidak hanya dilakukan kepada para murid SMA Negeri saja, tapi juga diberikan kepada para siswa SMK maupun sekolah Swasta.

“Kami berharap di anggaran berikutnya atau di anggaran perubahan, dari SMK maupun SMA swasta bisa mengikuti pelatihan,” papar dia.

Menurut Agus Salim, para pemilih pemula dan pemilih muda acapkali acuh terhadap pentingnya hak suara mereka dalam kontestasi pemilu. Sehingga, edukasi semacam itu perlu terus dilakukan kepada sekolah-sekolah.

“Para pemilih pemula ini yang mungkin lebih dominan adalah gen Z, kadang terkait dengan politik tidak begitu semangat. Kadang cenderung pasif semoga dengan pelatihan ini dan juga masukan dari kita bisa meningkatkan partisipasi mereka semua,” harap Agus Salim.(*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *