Pupuk Semangat Bela Negara, Kwarcab Pramuka Kabupaten Bogor Lakukan Gelar Senja

CIBINONG – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor melaksanakan kegiatan Gelar Senja, di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Selasa (14/11). Gelar Senja dimaksudkan untuk memupuk semangat bela negara di kalangan anggota Pramuka. Gelar Senja ini merupakan tahap empat tahun 2023, yang dilaksanakan oleh anggota Pramuka di wilayah dua Kabupaten Bogor.

Hadir mewakili Bupati Bogor, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor, Agus Ridho. Jajaran pengurus Kwarcab, para Camat, ketua beserta pengurus Kwartir Ranting (Kwaran) se-Wilayah Dua Kabupaten Bogor.

Read More

Membacakan sambutan Bupati Bogor, Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Bogor, Agus Ridho mengatakan, Gelar Senja Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor dilaksanakan untuk membina dan menumbukembangkan jiwa bela negara anggota Pramuka agar mampu berperan aktif dalam menangkal efek negatif dari globalisasi dan arus informasi tanpa batas.

“Semoga Gelar Senja akan menambah semarak dan kualitas pembinaan kepramukaan untuk selanjutnya menjadi suatu proses pembinaan generasi muda Kabupaten Bogor yang handal, dipercaya, dan mampu mengatasi setiap permasalahan kaum muda agar tidak terjerumus dalam aktivitas negatif yang merugikan diri sendiri maupun masyarakat,” kata Agus Ridho.

Ia menjelaskan, pembinaan dan pengembangan generasi muda bangsa melalui Gerakan Pramuka bertujuan membina anak Indonesia menjadi kader pembangunan yang kuat mental, spiritual, berketerampilan, disiplin, serta berjiwa Pancasila. Maka proses pembinaannya dilaksanakan dengan berbagai metode dan wadah pembinaan.

Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan bertujuan menumbuhkembangkan bakat minat dan pengetahuan bidang keterampilan tertentu, serta memupuk sejak dini semangat patriotisme dan bela negara,” jelasnya.

Agus Ridho menyebutkan bahwa Bupati Bogor menghimbau kepada seluruh jajaran Kwartir Ranting untuk dapat merealisasikan target 10.000 Pramuka Garuda. Dengan tercapainya target tersebut, Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor akan mencetak sosok peserta didik yang teladan, terampil, mandiri, dan menjadi contoh sebagai anggota Gerakan Pramuka yang sesungguhnya. (adv)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *