Secara Virtual Pemkab Bogor Ikuti Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam Tingkat Jawa Barat, untuk Memperkuat Mitigasi Bencana

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor lakukan Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam Tingkat Jawa Barat Tahun 2023 bersama dengan Pj. Gubernur serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Barat secara virtual di Lapangan Tegar Beriman, Jumat (8/12/23).

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin mengungkapkan, Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam Tingkat Jawa Barat Tahun 2023 diikuti oleh Kabupaten/Kota Se-jabar secara virtual.

Read More

Menurutnya, apel siaga bencana dilakukan untuk mengkonsolidasikan dan mengecek kesiapansiaga bencana karena se-Jawa Barat khususnya sudah masuk musim hujan yang berpotensi menyebabkan bencana banjir, tanah longsor, puting beliung dan petir.

“Khusus untuk Kabupaten Bogor kami Pemkab Bogor berdasarkan arahan Bupati dan hasil rapat forkompimda kami siap untuk antisipasi berupaya melakukan mitigasi bencana di Kabupaten Bogor salah satunya dengan cara pemetaan daerah rawan bencana sesuai dengan jenis bencana,” jelas Burhanudin.

Selanjutnya, Dandim 0621 Letkol Kav Gan Gan Rusgandara menambahkan, bukti upaya dan komitmen jajaran TNI dalam melakukan mitigasi bencana di Kabupaten Bogor salah satunya melalui Latihan Mitigasi Bencana yang diselenggarakan pada pertengahan Juli di Sukamakmur yang diikuti oleh jajaran TNI juga Polri. Dilanjutkan dengan kegiatan gotong royong membersihkan parit, selokan dan sungai untuk antisipasi bencana alam banjir.

“Tidak hanya itu kami juga telah melakukan penghijauan dengan cara menanam pohon dilahan tidur, lahan kritis dan lahan rawan longsor. Juga melakukan pembibitan sebanyak 2.500 pohon di Mako Kodim 0621, serta memetakan daerah rawan bencana berdasarkan data dari desa dan kecamatan yang dihimpun oleh BPBD bekerjasama dengan TNI dan Polri,” tuturnya. (adv)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *