Rudy Susmanto Respons Positif Rencana Perluasan Rute Bus BTS ke Jalur Puncak, Ini Yang Perlu Dikaji

BOGOR – Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto mendukung langkah Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu bersama Badan Penyelenggara Transportasi Jabodebek (BPTJ) memperluas rute transportasi publik melalui penyediaan layanan bus Buy The Service (BTS) ke jalur wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sebagaimana diketahui, dalam waktu dekat BPTJ bersama pemerintah Kabupaten Bogor akan mengoperasionalkan layanan BTS dengan koridor Cibinong-Ciparigi yang mengintegrasikan angkutan massal Kabupaten Bogor dengan Kota Bogor.

“Langkah apapun yang mengarah pada perbaikan dan kemajuan Kabupaten Bogor harus kita dukung,” kata Rudy Susmanto, Kamis 4 Januari 2024.

Rudy mengingatkan, ada sejumlah hal yang harus dirumuskan dengan baik agar nantinya layanan Bus BTS bisa berjalan efektif.

Pertama, kata dia, harus ada percepatan pembangunan infrastruktur penghubung. Saat ini, transportasi publik yang digunakan masyarakat dari arah Jakarta menuju Bogor antara lain kereta api ringan atau Light Rail Transit. Rudy berharap, LRT rute Cawang bisa beroperasi sampai dengan Ciawi dan Kota Bogor.

“Dengan demikian pengunjung dari Jakarta menuju puncak bisa transit di Ciawi dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan bus BTS ke jalur wisata puncak,” kata dia.

Kedua, kata dia, harus ada ketepatan waktu perjalanan alias on time. Karena itu, kerja sama dengan penyedia transportasi juga harus diperhatikan. Kata Rudy, ketersediaan angkutan tepat waktu akan memberikan kepastian bagi pengunjung berapa lama mereka bisa mencapai lokasi tujuan.

“Sehingga pengunjung tidak perlu nunggu-nunggu karena semua sudah terintegrasi,” imbuh dia.

Berikutnya, lanjut dia, harus ada kepastian biaya atau tarif yang harus dibayar pengunjung. Karena itu, sistem pembayaran juga harus terintegrasi agar masyarakat tidak dikagetkan dengan pengeluaran biaya perjalanan yang tidak pasti.

“Dan yang tak kalah penting tarifnya masuk akal, terjangkau oleh masyarakat semua kalangan,” tandas dia.

Seperti diketahui, Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu mengatakan akan merumuskan penyediaan layanan bus Buy The Service (BTS) yang akan beroperasi di kawasan wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Rencana tersebut, kini memasuki tahap pembahasan.

“Kami akan membahas bersama dengan TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) untuk penambahan satu koridor lagi yang mengarah ke Puncak,” kata dia usai menandatangani nota kesepahaman bersama Badan Penyelenggara Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengenai layanan BTS di Cibinong, Bogor, Rabu 3 Januari 2024.

Menurut dia, upaya penyediaan transportasi massal hingga ke kawasan wisata Puncak ini juga tetap memerlukan dukungan pemerintah pusat meski menggunakan APBD Perubahan tahun anggaran 2024.

“Kendala terkait transportasi massal di Kabupaten Bogor kan pertama kebijakan kemudian dukungan. Kalau dukungan dari pemerintah pusat kan saya pikir sekarang kita bisa saksikan. Namun kebijakannya yang juga harus dirumuskan. Mari sama-sama laksanakan,” kata¬†Asmawa yang juga menjabat Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Negeri.

Selain menyiapkan infrastruktur, menurut dia, hal penting lainnya yaitu mengedukasi masyarakat untuk beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi massal yang disediakan pemerintah.(*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *