Bima Arya dan Forkompimda Tunaikan Zakat Mal di Baznas Kota Bogor

Bogor – Wali Kota Bogor, Bima Arya menunaikan zakat Mal di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bogor, melalui stand Baznas di Ramadan Fest, Balai Kota Bogor, Jumat (5/4/2024).

Zakat mal adalah zakat yang dikenakan atas segala jenis harta kepemilikan yang sudah mencapai nisab dan haulnya.

“Iya, jadi ini setiap tahun di ujung Ramadan saya dan sekeluarga selalu membayarkan zakat mal dan zakat fitrah. Untuk zakat Mal ditunaikan melalui Baznas,” kata Bima Arya.

Sedangkan untuk zakat fitrah, Bima Arya akan menunaikannya bersama-sama keluarga anak serta istri. Hal tersebut dilakukan sebagai edukasi kepada anak-anaknya.

“Jadi anak-anak harus tahu kalau kita harus menyisihkan sebagian harta kita bagi yang berhak. Karena (di Balai Kota) enggak sama istri dan anak, saya bayarkan zakat mal nya dulu,” ujarnya.

Untuk zakat fitrah nantinya, Bima Arya akan menunaikan setelah buka puasa di malam terakhir sebelum takbiran.

“Nanti sebelum takbiran saya akan ke Masjid Agung untuk membayarkan zakat fitrahnya, sekarang zakat mal dulu yang saya bayarkan sesuai dengan hitunganya untuk membersihkan harta kami,” ucapnya.

Bima Arya berharap ini juga sebagai bagian dari edukasi dan sosialisasi kepada seluruh ASN Pemkot Bogor yang harus menjadi contoh untuk menyisihkan hartanya, untuk zakat mal berdasarkan syariatnya dan bisa dibayarkan melalui Baznas Kota Bogor.

Ketua Baznas Kota Bogor, Wahyul Mimbar mengatakan, selain Bima Arya, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah, Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso, Dandim 0606/Kota Bogor, Fikri Ferdian menunaikan zakatnya di Baznas Kota Bogor.

“Ini bagian daripada melaksanakan kewajiban zakat fitrah dan zakat mal, yang terutama dicontohkan oleh para pemimpin di Kota Bogor untuk menitipkan dan menyalurkan membayar zakat di Baznas Kota Bogor dan itu juga berlaku di seluruh Indonesia seperti bapak Presiden juga mencontohkan membayar zakat di Baznas pusat,” ujarnya.

Sejak membuka stand di Balai Kota Bogor, hingga hari terakhir ini sudah lebih terkumpul zakat lebih dari Rp 35 juta.

Pada Ramadan tahun ini, Baznas Kota Bogor menargetkan peningkatan zakat sebesar 10 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai kurang lebih Rp 400 juta.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *