Melalui Goes To School, Forkopimda Gaungkan Pentingnya Pengamalan Pancasila

Cibinong – Sosialisasikan pentingnya pengamalan Pancasila kepada para siswa Kabupaten Bogor, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor lakukan kegiatan Forkopimda Goes To School ke SMAN 2 Cibinong Kabupaten Bogor, Kamis (23/6/22).

Forkopimda Goes To School diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor, karena pendidikan generasi muda bukan hanya tanggung jawab sekolah dan para guru saja, melainkan menjadi tanggung jawab bersama, oleh segenap elemen pemerintahan dan masyarakat.

“Kehadiran kami Forkopimda ke sekolah-sekolah melalui giat Forkopimda Goes To School ini, ingin bersilaturahmi sekaligus berkenalan dan menyosialisasikan kepada para siswa apa tugas Forkopimda, jadi siswa paham dan tahu. Juga kenal siapa saja para pimpinan di Kabupaten Bogor,” ujar Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan saat menghadiri kegiatan Forkopimda Goes To School.

Tema Forkopimda Goes To School hari ini mengusung tema “Membangun Profil Pelajar Pancasila”, karena sangat penting untuk menginternalisasi nilai-nilai Pancasila secara sadar, sistematis, dan berkesinambungan dalam kebijakan pendidikan dan metode pembelajaran sekolah. Tentunya untuk membangun Sumber Daya Manusia yang cerdas dan berkarakter, oleh karena itu pentingnya pengenalan Pancasila agar lebih aplikatif khususnya di kalangan pelajar sebagai generasi penerus bangsa.

“Kami minta atensi baik dari kepala sekolah juga para guru terlebih dalam membangun profil pelajar Pancasila, untuk memperkenalkan dan menyosialisasikan Pancasila kepada siswa. Saat ini banyak paham yang berusaha mengubah Pancasila, Alhamdulilah dengan ketegasan pemerintah dan kepolisian sehingga memberi efek jera kepada mereka yang mencoba ingin mengubah Pancasila,” ujarnya.

Ia juga berharap kepada para siswa SMP, SMA se-Kabupaten Bogor untuk bisa lebih aktif bukan hanya belajar di sekolah tapi aktif juga dalam program pemerintah. “Siapa tau ada yang ingin jadi TNI, Polisi dan PNS, kalau sudah ada sosialisasi dan pengenalan, maka apa yang diinginkan bisa tercapai dan berjalan lancar,” ungkap Iwan Setiawan.

Selanjutnya, Kepala SMAN 2 Cibinong, Elis Nurhayanti mengaku bangga dengan kedatangan jajaran Forkopimda ke SMAN 2 Cibinong, tentunya hal itu menjadi motivasi bagi SMAN 2 Cibinong untuk terus mengembangkan metode pembelajaran dan layanan pendidikan yang maksimal kepada para siswa juga orang tua siswa.

“Kami berharap dengan dukungan Forkopimda kami bisa terus mengembangkan layanan pendidikan berbasis digital di SMAN 2 Cibinong sebagai layanan unggulan sekolah kami, agar lulusan kami, lulusan yang tidak hanya berkarakter, tetapi disiapkan dengan skill calon pemimpin yang mampu mengembangkan dan bisa membuka lapangan pekerjaan baru kepada anak Indonesia lainnya,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jabar, Dedi Supandi menuturkan bahwa di era digitalisasi seperti saat ini inovasi harus dikembangkan oleh para siswa. Melalui Forkopimda Goes To School diharapkan mampu mendorong motivasi para siswa, tentunya dengan memperkuat pendidikan wawasan kebangsaan, pendidikan karakter bahasa lokal, pendidikan anti korupsi, pendidikan tentang internasional, pendidikan Ketuhanan Yang Maha Esa serta pendidikan gotong royong .

“Karena hari ini orang memaknai demokrasi berbeda bukan hanya bebas berpendapat, tetapi orang memaknainya dengan cara bebas mencaci maki, jadilah generasi 2045 yang mampu turun tangan dengan ilmu yang dimiliki bukan hanya generasi yang bisa mencaci maki kekurangan orang lain. Itulah pentingnya pendidikan Pancasila,” ucap Dedi. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *