Bupati Iwan Setiawan Pastikan akan Segera Tangani Tumpukan Sampah di Simpang Ciawi

CIAWI – Bupati Bogor, Iwan Setiawan pastikan tumpukan sampah di simpang Ciawi tersebut segera ditangani dan dilakukan pencegahan agar tidak terulang. Hal ini ia tegaskan saat memantau langsung pembersihan tumpukan sampah di simpang Ciawi, Selasa (7/11).

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab Bogor) bersama pihak TNI segera melakukan pembersihan terhadap tumpukan sampah tersebut. Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, Bupati Bogor, Iwan Setiawan, dan Dandim 0621 Kabupaten Bogor, Letkol Kav. Gan Gan Rusgandara turut memantau langsung pembersihan tumpukan sampah.

Read More

Mendampingi Bupati Bogor, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Inspektur Kabupaten Bogor, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), serta Camat Ciawi.

Bupati Bogor, Iwan Setiawan menjelaskan, dirinya hadir langsung untuk menindaklanjuti aduan masyarakat terkait adanya tumpukan sampah di simpang Ciawi. Intinya hari ini kami mengambil langkah-langkah konkrit untuk mengatasi persoalan tumpukan sampah ini agar tidak terulang.

“Hari ini kita mulai membersihkan dan berupaya agar kejadian serupa tidak terjadi lagi. Saya minta bangunan liar yang ada di lokasi ini dibongkar, agar proses pengerukan sampah bisa berjalan dengan lancar. Saya minta camat untuk mengawasi, agar kejadian serupa tidak terjadi kembali,” tandas Iwan Setiawan.

Iwan mengungkapkan, hari ini kita berbagi tugas, yang akan dilibatkan nantinya ada dari unsur TNI, Polri, Damkar, Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP), dan Jasa Marga.

“Namun saya meminta agar pembongkaran bangunan liar dilakukan dengan pendekatan humanis. Saya berharap lokasi ini ke depan bisa dibuat nyaman, misalnya seperti dibuat taman,” ungkap Bupati Bogor, Iwan Setiawan.

Pj. Gubernur Jabar, Bey Machmudin menerangkan, lokasi ini adalah lahan milik Kementerian PUPR yang dikelola oleh PT. Jasa Marga, yang tentunya ke depan akan dikelola lebih baik lagi. Ke depan akan dibangun gorong-gorong untuk saluran airnya agar lebih rapi dan tidak terjadi lagi penumpukan sampah yang menyebabkan tersumbatnya aliran air.

“Saya meminta Bupati Bogor dan Danrem untuk segera membersihkan tumpukan sampah ini, sehingga masyarakat bisa tetap nyaman. Hari ini kami gerak cepat kita berbagi tugas, untuk pembersihan akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor bersama TNI. Sampah akan dibuang ke TPA Galuga,” terang Bey.

Bey menambahkan, namun intinya saya mengajak seluruh masyarakat, mari kita semua menjaga lingkungan kita bersama, buanglah sampah pada tempatnya. Saya juga menghimbau agar sampah ini bisa dikelola sejak dari rumah, sedikit demi sedikit kita kurangi, sehingga hanya residu yang berakhir di TPA. (adv)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *