Secara Virtual Bupati Iwan Setiawan Mengikuti Deklarasi Pemilu Damai Se-Jawa Barat

CIBINONG – Bupati Bogor, Iwan Setiawan bersama unsur Forkopimda, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan jajaran partai politik peserta Pemilu 2024 mengikuti Deklarasi Pemilu Damai serentak se-Jawa Barat, secara virtual di Ruang Serbaguna I, Gedung Sekretariat Daerah, Cibinong, Senin (6/11).

Hadir secara virtual, KASAD Jenderal TNI Agus Subiyanto, Pangdam III Siliwangi, Kapolda Jabar, Ketua KPU Jabar, Ketua Bawaslu Jabar, Bupati Ciamis. Hadir secara langsung, Bupati Bogor, Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor, perwakilan Kodim 0621 Kabupaten Bogor, KPU Kabupaten Bogor, perwakilan Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), beserta peserta peserta Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Bogor.

Read More

Untuk diketahui, poin-poin deklarasi damai diantaranya, akan melaksanakan Pemilu tahun 2024 yang damai dan kondusif untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat. Akan mematuhi dan menaati segala bentuk peraturan dan ketentuan yang berlaku serta menyelesaikan permasalahan Pemilu tahun 2024 sesuai koridor hukum. Menolak upaya-upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat dan menghindari kegiatan yang bersifat provokatif, menghasut ujaran kebencian serta tidak menggunakan isu sara dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2024. Serta akan menciptakan situasi dan kondisi tetap kondusif di wilayah hukum Kabupaten Bogor.

Bupati Bogor, Iwan Setiawan menjelaskan, hari ini dirinya hadir menyaksikan secara virtual Deklarasi Pemilu Damai se-Jawa Barat. Kegiatan ini diinisiasi oleh Kodim 0621 Kabupaten Bogor. Hadir pada kesempatan ini, seluruh peserta partai politik, Forkopimda, Bawaslu Kabupaten Bogor, KPU Kabupaten Bogor menyaksikan secara virtual. Kemudian juga kami mengikuti arahan dari Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto.

“Intinya sama seperti yang sudah kita lakukan sebelumnya terkait deklarasi damai, seluruh peserta Pemilu, KPU, Bawaslu, dan juga para tokoh masyarakat bersama-sama menandatangani pernyataan sikap untuk mengamankan dan menjaga kegiatan Pemilu tahun 2024 agar terlaksana dengan sukses,” jelas Iwan.

Selanjutnya, KASAD Jenderal TNI Agus Subiyanto mengungkapkan, melalui acara Deklarasi Pemilu Damai ini, diharapkan seluruh komponen masyarakat, terutama di Jawa Barat, siap untuk melaksanakan Pemilu tahun 2024 yang damai dan sejuk. Mewujudkan demokrasi yang bermartabat, ingat, boleh beda pilihan orientasi politik, tetapi harus tetap satu dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Saya menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat Jawa Barat untuk mematuhi dan mentaati segala bentuk peraturan dan ketentuan yang berlaku serta menyelesaikan permasalahan Pemilu tahun 2024 sesuai dengan koridor hukum yang berlaku,” ungkap Jenderal Agus Subiyanto.

Jenderal Agus menambahkan, selain itu mari bersama-sama meminimalisir dan mencegah upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat dan menghindari kegiatan provokatif, menghasut, ujaran kebencian, serta tidak menggunakan isu sara dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

“Sebagai aparatur negara, TNI dan POLRI tidak henti-hentinya menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat, baik dari kalangan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh daerah, dan tokoh adat, khususnya di wilayah Jawa Barat, untuk ikut andil dalam menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif dan sejuk. Teruslah bersinergi dengan TNI dan POLRI dalam upaya menjaga stabilitas keamanan saat Pemilu 2024 mendatang,” tandas Jenderal Agus Subiyanto.

KASAD Jenderal TNI Agus Subiyanto memastikan, TNI Angkatan Darat menjunjung tinggi komitmen netralitas dalam menghadapi tahun politik 2024, sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang. Saya berpesan, marilah kita teruskan sinergi yang sudah terjalin baik ini, untuk terus mendorong kondusifitas bangsa, demi meningkatkan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai dan kita banggakan. (adv)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *